Sabtu, 18 Agustus 2007

pertamakali gw belajar bahasa arab sama ust. Abdurrahman Bin Ahmad Assegaf, Lc

pertama kali gw blajar bahasa arab sama guru gw Ust. Abdurrahman Bin Ahmad Assegaf, Lc. beliau lulusan daarul aitam trus lanjutin di iain trus kuliah lagi di universitas islam Madinah ngambil jurusan Hadist. waktu itu sore hari ba`da ashar hari selasa 21 januari 2003.
langsung aja bgitu anak2 pada ngumpul dimulai Bismillahirrohmanirrohim assalamu`alikum wr wb. alhamdulillah wassolatu wassalamu ~ala Rosulillah amma ba`d: bwliau nulis materi di papan white board kita sbg muridnya juga nilis materinya. dia bilang skarang kita blom mulai blajar nih baru muqoddimah aja,
Nasy`atunnahwu (asal usul ilmu nahwu)dahulu di jazirah arab (yang dimaksud jazirah arab itu meliputi didalamnya kota kota seperti madinah, thoif, mekkah, riyadh diujungnya syam ujungnya lagi yaman) di jazirah arab ada hidup beberapa kobilah. yang paling terkenal ada 2 kobilah yang pertama kobilah qohtoniyyun mereka yang tinggal di yaman dan sekitarnya dan kobilah adnaniyyun mereka yang tinggal di mekkah dan sekitarnya.
mekah sebagai pusat kota tempat bertemunya kobilah2 untuk berdagang, karena satu2nya akses jalan perdagangan dari syam ke yaman, pasar yang terkenal di saat itu ada 3 yaitu ukaadz (Nabi saw pernah datang ke pasar ini), pasar majnah dan pasar dzulhijaz. dimekah mereka bertemu dari berbagai kobilah atau suku dan mengadu syair, inilah cikal bakal mengapa alquran diturunkan dlm bahasa quraish, karena orang quraish yang paling bagus bahasanya dan suku quraish mampu membedakan seluruh gaya bahasa arab lainnya. selain itu orang quraish adalah ahli bahasa yang tinggal dimekkah.kabilah adnaaniyyun dimekkah banyak yang menjadi ahli bahasa/lughot. oh iya ust bilang kite nih blajar bahasa arab dan blajar ilmu nahwu ntu hukummnya fardhu kifayah, terus nte jangan salah tujuan nih blajar ni kite biar bisa medalami alquran dan hadist.awalnya di jaman dulumulai ada salah pengucapan: yang pertama jaman khalifah umar bin khattab ra, ada seorang prajurit yang sedang blajar memanah dan meleset trus panahannnya. maka ditegur oleh umar ra lalu ia menjawab: inna qoumun muta`allimuun dan pengucapan ini salah yang betul adalah inna qoumun muta`allimien (sesungguhnya kami kaum yg sdng blajar) umar ra berkomentar kesalahan bicaramu lebih parah daripada ksalahan memanahmu.
yg kedua abu musa al as`ariy yg menjabat sbg gubernur, sekretarisnya kirim surat ke khalifah umar ra, dlm suratnya: min abu musa yang seharusnya min abi musa (dari abu musa).
yang ketiga karena expansi islam ke negara lain sehingga bahasa arab tidak murni lagi dan rusak dng bahasa negeri lain, maka wajib membentuk kaidah bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa alquran dan karena itu perlu ada ilmu nahwu.
dahulu juga tulisan bahasa arab itu gak ada baris dan titiknya (kbayang gak nte klo kya dl gmn bacanya skarang aja yg dah ada baris sm titik msih bnyk yang blom bisa baca!)nah trus siapa dong yg pertama kali bikin isyarat (titik sm baris)???,, ada beberapa pendapat :
yg pertama, adalah yg kasih isyarat abu aswad adduali (wft 67H), yang mendapatkan perintah dari Ali bin abi tholib ra, abu aswad memberikan titik2 pada kalimat bahasa arab ***ini pendapat yg paling kuat**
yg kedua, oleh abu aswad adduali namun yang memerintahkan umar ra
yg ketiga, abu aswad adduali namun atas inisiatif dia sendiri
intinya dia2 juga sih ..
nah truss nye siapa aja sih yang ahli atw ulama2 ahli nahwu ntu:
1. nasor bin laasim allaitsi (890H)
2. abdurrahman bin hurmun (117H)
3. yahya bin ya`mar (129H)
4. kholil bin ahmad (175H)
5. de el el deehh.... tuh nte ntar klo pnya anak kasih nama ambil salah satunye aje.
nah trus rujukan dan referensi ilmu nahwu ape???,,
1. alqur`an dah jelas laahh
2. hadist
3. syair
kta ustadz dah sgini aja dulu blajarnya dah mao magrib nih blajarnya mah ntar skarang baru mukoddimahnya aja baru assalamualaikukm doang nih, jangan bosen2 ntar ya soalnya sdikit ngjlimet..
anak2 bilang iyye insyaallah kite smangat nih...
dasar anak2 ye pas bsokannya baru 4 kali pertemuan aja dah bubar gak blajar bahasa arab lagi.
hmmmm....

1 komentar:

AlloW juNk,,!! mengatakan...

seng pinter nahwu shorof rek,,,